Notification

×

Kategori Berita

Tags

Indeks Berita

display this display this display this

Tag Terpopuler

Reuni Keluarga Besar Raja Manimpahoi, Selain Bupati Bulukumba, Wabup Sinjai Juga Turut Hadir Dari Negara Tetangga Malaysia

Selasa, 25 April 2023 | April 25, 2023 WIB Last Updated 2023-04-25T15:06:05Z
Okita.News,- SINJAI -- Usai perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong tampak kompak hadir di acara Reuni Akbar dan Silaturrahmi Nasional ke III Keluarga Karaeng Makkumpelle Daeng Paesong, Raja Manimpahoi ke-16 yang berlangsung di Amaly Cafe, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/4/2023).

Selain dua kepala daerah dari dua kabupaten berbeda di Sulawesi Selatan ini, reuni keluarga besar tersebut turut dihadiri ribuan peserta dari berbagai daerah dan negara tetangga, yakni Malaysia.

Sehari sebelumnya, Senin (24/4/2023), ziarah makam leluhur juga menjadi rangkaian reuni keluarga besar ini, yang bertempat di Manimpahoi, Kecamatan Sinjai Tengah.

Andi Kartini sendiri diketahui adalah salah satu cucu dari Raja Manimpahoi ke-16.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan kepada seluruh anak keturunan Karaeng Makkumpelle Dg Paesong agar senantiasa menjunjung tinggi dan menjaga Pappaseng (pesan-pesan) leluhur.

"Mari kita jaga pesan leluhur kita, yakni senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan keluarga maupun lingkungannya serta menjaga keakraban dan harga diri," kata Andi Kartini.

"Selain itu, anak keturunan Karaeng Makkumpelle agar senantiasa berkata benar dalam artian satunya kata dengan perbuatan," sambungnya.

Dalam pesan leluhur yang disampaikan oleh H. Andi Abdul Syukur (alm) saat reuni pertama pada akhir tahun 1987 itu, juga meminta kepada seluruh keluarga tidak berjiwa pengecut dan serakah.

Senantiasa berada pada sikap teguh dalam prinsip dan setia pada keyakinan kebenaran dan keadilan. 

Senantiasa berjiwa kesatria dan penuh dinamika, idealisme perjuangan dan pembinaan dalam kreasi dan karya.

Dengan memegang teguh pada prinsip dan pappaseng leluhur, seluruh keturunan Keluarga Besar Karaeng Makkumpelle Dg Paesong yang tersebar diberbagai daerah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri senantiasa bisa eksis diberbagai bidang kehidupan, dimanapun berada.(*)

Sumber: Ansari
Publizher: 54 HAR
display this